Teluk Kiluan, Surganya Lumba-Lumba di Ujung Sumatera

KELUMBAYAN (Lampost.com): Berada di ujung Pulau Sumatera, menjadikan area laut dan pantai unggulan wisata Provinsi Lampung. Selain Tanjung Setia yang menjadi destinasi wisata surfing, di Lampung juga ada Teluk Kiluan dengan pantainya yang indah.

“Kalau mau lihat lumba-lumba, bisa di Teluk Kiluan. Pantainya indah, tenang juga berada di area yang terpencil dan sepi,” tutur Gatot Hadi Utomo, Kadisbudpar Provinsi Lampung saat jumpa pers ”Tourism Indonesia Mart and Expo (TIME) 2012” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, belum lama ini.

Teluk Kiluan berada di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan. Dari pusat Kota Bandar Lampung, untuk mencapai Teluk Kiluan memakan waktu sekira tiga hingga empat jam, dan menempuh jarak kurang lebih 80 kilometer.

Konon, kumpulan lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah yang terbesar di Asia, bahkan dunia. Wisatawan yang berminat menyaksikan dari dekat lumba-lumba di habitat aslinya bisa menyewa Perahu Katir. Jika beruntung, wisatawan juga bisa menyaksikan penyu hijau, yang sewaktu-waktu naik ke permukaan laut.

Di Teluk Kiluan, Anda dapat melihat kumpulan lumba-lumba yang jumlahnya ratusan ekor. Setidaknya ada dua jenis lumba-lumba di perairan ini; spesies pertama adalah lumba-lumba hidung botol dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah lumba-lumba paruh panjang yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat. (OZ/L-1)
Sumber Lampungpost

4 Commentsto Teluk Kiluan, Surganya Lumba-Lumba di Ujung Sumatera

  1. Justin says:

    Ama, Justin mau liat lumba-lumba-lumba…

  2. windi says:

    haluuu saya denger bulan Mei ada tour dari jakarta ke kiluan bay? Boleh minta infonya? Mohon diemail ke saya. Thanks

  3. Fee Naviany says:

    Kami sudah kesana, sekarang giliran anda .. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *